Service Gratis



Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan servis kendraan gratis di Laboratorium Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai hari ini Selasa sampai Jumat (5-8/3).

Ketua Panitia Muhammad Syarif mengatakan bahwa servis ringan ini meerupakan kegiatan rutin HMO sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya, melalui kegiatan ini, mahasiswa otomotif bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan kepada masyarakat secara suka rela.

Ada 30 mahasiswa yang bertugas menjadi teknisi dalam kegiatan ini. Mereka yang servis setiap kendaraan yang masuk. "10 orang teknisi mobil dan 20 teknisi sepeda motor," katanya saat ditemui di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Dekan FT UNM, Muhammad Yahya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki sangat banyak manfaatnya baik itu mahasiswa yang menyelenggarakan begitupun dengan masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa bisa bekerja seperti mereka kerja di bengkel," jelasnya kepada reporter Profesi.

"Ini juga merupakan kegiatan andalan yang sangat penting dan menurut saya harus di program secara rutin oleh mahasiswa kita," tambahnya.

Mantan PD I FT ini berharap dengan adanya kegiatan ini, semangat mahasiswa dalam menuntut ilmu semakin tinggi. Selain itu, juga bisa menumbuhkan rasa kepedulian dan pengabdiannya ke pada masyarakat atas ilmu yang di dapatkan di kampus.

"Semoga keterampilan anak-anak semakin meningkat dan bisa memberikan motivasi tersendiri bagi mereka mencintai dunia otomotif," harapnya.

Servis ringan ini terbuka untuk masyarakat umum. Selain servis ringan, panitia pelaksana juga melakukan bentuk pengabdian lain sebagai rangkaian kegiatan ini. Mereka juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mewadahi mahasiswa ataupun dosen yang ingin mendonor darah. Donor darah dilakukan selama dua hari, Selasa dan Rabu (5-6/3).

*Sumber: profesi-unm.com