Terimakasih, Profesi

DJMTD LPM Profesi UNM

TIGA tahun lebih saya telah bergelut di Lembaga Pers Mahasiswa yang bernama Profesi. Lembaga ini merupakan UKM bidang jurnalistik di Universitas Negeri Makassar.

Berawal dari iseng-iseng dan ajakan teman, ditambah lagi waktu itu, seorang pengelola yang saya belum mengenalnya, menghubungi saya melalui facebook. Akhirnya saya mendaftar di lembaga ini pada Oktober 2016.

Profesi merupakan UKM yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa UNM dibidang jurnalistik. Bakat tersebut tidak ada dalam diri saya. Hanya bermodal minat. Padahal Jurusan saya di kampus dibidang Otomotif.

Awalnya, kami yang ikut bergabung melalui Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) ini sebanyak 112 orang. Yang lulus dan mendaftar jadi magang hanya 63 orang.

Kemudian dikukuhkan dari magang menjadi pengelola harian hanya 15 orang. Setelah itu yang bertahan menjadi pengelola inti hanya enam orang. Hingga akhirnya bertahan sampai selesai hanya empat orang.

Saya yang awalnya tidak mengetahui bagaimana cara menulis berita, meliput, menerbitkan dan sebagainya, dengan tekad dan semangat belajar, bisa saya asa di lembaga ini. 

Meskipun selama tiga tahun lebih melaksanakan tugas-tugas jurnalistik, tetapi cara menulis saya masih sangat kurang.

Oleh karena itu, saya membuat sebuah blog untuk selalu mengembangkan kemampuan menulis saya. Minimal bisa sesuai dengan EYD.

12 Januari 2020 menjadi akhir kepengurusan saya setelah melalui beberapa jabatan. Mulai magang, pengelola harian, dan dua kali menjadi pengelola inti.

Di lembaga ini, saya banyak belajar bagaimana membangun komunikasi, wawancara dengan orang berpengaruh, menulis, dan menerbitkan berita. 

Bukan hanya itu, beberapa skil lain juga saya banyak pelajari di lembaga ini.

Selama bergabung, saya tinggal dan berdomisili di redaksi LPM Profesi. Sehingga kebutuhan saya di Makassar cukup terbantu.

Redaksi LPM Profesi telah menjadi rumah kedua saya. Dan pengelola dan alumni lembaga ini telah menjadi "keluarga" baru saya. Terimakasih Profesi.

Salam,

signature
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url